Selamat pagi,

Hari ini kaintradisional.com akan membahas  tentang workshop membatik. Kaintradisional tidak akan bosan-bosan untuk membantu kalian untuk memberikan edukasi tentang membatik.

Sebelumnya ke pembahasan Follow dulu instagram kaintradisional.com dulu yaaaaa di @kaintradisionalcom

Yuk kita mulai bahas workshop membatik di kaintradisional.com

Membatik merupakan warisan luhur bangsa Indonesia, batik kini sudah dikenal diseluruh penjuru dunia, terlebih lagi sejak 2 Oktober 2009 UNESCO meresmikan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Oleh sebab itu di Indonesia, pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari batik nasional dimana semua orang di anjurkan memakai pakaian batik. Nah, tidak hanya pakaian batik saja yang kalian harus ketahui, kalian juga harus tahu cara membuat batik, dari mualai membuat pola di kain sampai proses penjemuran.

Kaintradisional.com akan membantu kalian untuk mengetahui proses membatik. Yuk Simak!

A. Proses membuat pola

Membuat pola di kain yang sudah kami sediakan sesuai dengan keinginan kalian

B. Mecanting

Mencanting adalah meletakkan lilin/malam batik di kain batik yang sudak kami sediakan dan sudah di pola sesuai dengan keinginan kalian menggunakan canting. Lilin/Malam Batik adalah bahan yang dipakai untuk menutup permukaan kain sesuai dengan gambar motif batik, sehingga permukaan yang tertutup akan resist terhadap warna yang diberikan pada kain tersebut sedangkan Canting adalah alat yang di gunakan memindahkan atau mengambil lilin/malam batik untuk membuat batik.

C. Mencolet warna

Disini lah keseruan pada saat membatik, kalian bisa ber ekspresi menggunakan warna-warna yang menarik. Pemberian warna yang digunakan biasa kami menggunakan pewarna kimia indogosol, kenapa indogosol karena indigosol adalah jenis pewarna sintesis yang mudah larut di air, sedangkan untuk mengunci warna biasanya kami menggunakan waterglass

D. Pelorodan

Proses pelorodan digunakan dengan air panas untuk meluruhkan lilin/malam batik yang menempel dikain batik.

E. Penjemuran

Menjemur batik adalah langkah terakhir dari suatu siklus proses pembuatan batik. Proses pengeringan dilakukan setelah proses pelorodan untuk membatikan warna batik agar tidak luntur.

Nah begitu proses membatik di kaintradisional. Yuk daftar kalian! Jangan sampai ketinggalan kelas yaaaa

PIC: Devy/Eka WA 0813-1896-0500 atau etniqa@gmail.com

Pilihan Paket Workshop Membatik sebagai berikut:

Paket Klowongan
Adalah belajar mengenai proses membatik, mulai dari membatik dengan canting tulis, mewarnai dengan proses mencolet, hingga proses finishing yaitu penguncian warna dan pelorodan menggunakan kain mori (40×40 cm)

Paket Biron
Adalah belajar mengenai proses membatik, mulai dari membatik dengan canting tulis termasuk belajar isen dan tanahan, mewarnai dengan proses mencolet dan mencelup, hingga proses finishing yaitu penguncian warna dan pelorodan menggunakan kain mori (40×40 cm)

Paket Babaran
Adalah belajar mengenai proses membatik, mulai dari membatik dengan canting tulis termasuk belajar isen dan tanahan, mewarnai dengan proses mencolet dan mencelup, hingga proses finishing yaitu penguncian warna dan pelorodan menggunakan kain mori (100×50 cm/selendang)

(Visited 40 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *